--
Cari Resep lainnya disini
Anda mungkin pernah membaca bahwa wortel termasuk sayuran yang dibutuhkan untuk anak. Namun, bagaimana cara mengolahnya agar anak mudah dan suka mengonsumsinya? Di satu sisi, memasak sayuran terlalu lama akan menghilangkan segala kandungan positif di dalamnya. Namun di sisi lain, kalau tidak dimasak cukup lama (sampai lembut), wortel akan sulit dikunyah anak yang masih balita. Apakah diolah sebagai jus juga disarankan?

Menurut dr Fransisca Handy SpA, dokter anak dan penulis buku Panduan Menyusui dan Makanan Sehat Bayi, soal makanan yang terpenting anak mengonsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang. Mungkin Anda akan bertanya, bagaimana menakar gizi seimbang. Secara kasar, usahakan agar di tiap menu yang anak makan terdapat berbagai bahan pangan dengan warna beragam. Salah satu pangan yang penting memang wortel, tapi itu bukan satu-satunya.

Untuk sayuran, jika memungkinkan, sebaiknya dimakan tanpa proses pemasakan (tapi dicuci bersih, tentunya). Tanpa proses pemasakan, kandungan enzim dan berbagai vitamin di sayur bisa lebih terjaga. Kalau harus dimasak, pilihan pertama adalah dengan cara dikukus hingga sayur agak lunak. Jangan sampai benar-benar lunak atau layu. Pilihan kedua adalah ditumis atau direbus dengan menyertakan air rebusan dalam menu anak.

Untuk anak yang sudah berumur di atas satu tahun, wortel bisa disajikan dalam aneka bentuk, seperti orang dewasa. Jika ada wortel lokal dan impor, lebih baik Anda memilih wortel lokal. Alasannya, waktu pengiriman lebih singkat sehingga kesegaran dan kealamiannya lebih meyakinkan.


recomended: http://female.kompas.com/read/xml/2011/01/03/17362859/tips.mengolah.wortel.untuk.anak

1 Response to TIPS - MENGOLAH WORTEL UNTUK ANAK

14 Juni 2011 05.46

tips keren..
:)
www.howtoloseweightquick.com.au

Posting Komentar